No

Program

Deskripsi

1. Profil Labirin Memperkenalkan Lab HI kepada lingkungan mahasiswa pada umumnya dan mahasiswa HI pada khususnya. Kegiatan ini perlu dilakukan mengingat selama ini masyarakat sekitar kurang begitu mengenal /  mengetahui keberadaan / eksistensi Lab HI. Pengenalan profil Lab bisa dilakukan melalui publikasi media seperti poster dan profil video. Setidaknya khalayak perlu tahu apa itu Lab HI? Apa saja yang mereka kerjakan? Fasilitas, jasa, dan kegiatan apa saja yang ditawarkan? Siapa saja pengurusnya?Kegiatan ini paling tepat dilakukan di awal kepengurusan baru. Sekaligus sebagai ajang launching.
2. Tutor Merupakan fungsi “pengajaran” oleh Aslabil terhadap teman-teman sebaya maupun adik tingkat. Perlu dilakukan mengingat seringkali mahasiswa masih merasa kurang memahami materi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen. Materi-materi tersebut biasanya akan lebih mudah dipahami apabila diajarkan oleh rekan sesama mahasiswa dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Bisa juga ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya .Kegiatan ini bisa dilakukan dengan membuat sesi tutorial sesuai dengan MK yang sedang ditawarkan di semester tersebut. MK tersebut bisa di-request oleh mahasiswa. Tutorial diadakan secara rutin setiap minggunya.
3. Sinema Sinema  merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan pelajaran entang HI melalui media film. Acara menonton film dilakukan bersama-sama sekaligus dilanjutkan dengan sesi diskusi kecil. Film-film yang ditayangkan adalah film-film yang memiliki muatan HI. Bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi permintaan dosen yang biasanya menyuruh mahasiswa untuk melihat film. Seringkali mahasiswa malas untuk memenuhinya. Oleh karena itu program ini bisa menjadi solusi, karena menonton film bersama dengan suasana kekeluargaan akan lebih mengasyikkan.
4. Quiz / TTS Quiz  adalah program yang dimaksudkan untuk mengasah kemampuan nalar dan logika mahasiswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Quiz berupa pertanyaan-pertanyaan sederhana / trivia, namun membutuhkan kemampuan berpikir logis untuk menyelesaikannya. Selain berupa pertanyaan yang menuntut problem solving juga bisa diwujudkan dalam bentuk Teka-Teki Silang. Program ini dibuat untuk melatih kemampuan eksplanasi mahasiswa, mengingat selama ini kita sebagai pelajar lebih sering diajarkan menghafal daripada menjelaskan kaitan antara satu konsep dengan konsep yang lain.Quiz dilakukan secara mingguan, selang-seling antara dalam bentuk Quiz Pertanyaan atau  TTS. Peserta dipersilakan mengirimkan jawabannya melalui Kotak Surat LAB HI. Peserta dengan jawaban paling logis atau TTS yang benar akan mendapatkan reward. Peserta dikenakan biaya partisipasi sekadar sebagai akomodasi kebutuhan hadiah.  
5. Buletin / Mading Buletin / Mading adalah media publikasi seputar kegiatan LAB dan fakta-fakta menarik yang terjadi di lingkungan HI UB. Berisi hal-hal informatif terkait kegiatan mahasiswa dan dosen. Mading / bulletin ini bisa dijadikan sebagai media penghubung antara dosen / jajaran prodi dengan para mahasiswanya.
6. Skripsi Kilat Skripsi Kilat adalah program diskusi antar sesama mahasiswa tentang skripsi yang sedang dikerjakannya sebagai tugas akhir. Dengan model peer reviewed sehingga melatih mahasiswa untuk mengemukakan dan menilai ide sekaligus memberikan critical review yang membangun. Mengingat sistem pengerjaan skripsi yang lebih “longgar” dibanding tugas-tugas perkuliahan lain yang lebih “formal”, seringkali menjadikan mahasiswa terlena untuk tidak mengerjakan dan menundanya. Apabila diadakan pertemuan rutin untuk saling berdiskusi tentang tugas akhirnya maka bisa sedikit dipastikan mahasiswa akan tetap berada di “jalur yang benar” serta timbul semangat untuk segera menyelesaikannya.
7. Kliping Kliping  ini dimaksudkan untuk memanfaatkan artikel-artikel koran agar tidak terbuang percuma. Artikel-artikel yang berkaitan dengan HI “diselematkan” untuk dijadikan kliping. Kliping bisa dibuat secara tematik agar lebih rapi dan terstruktur.Agar lebih praktis dan tidak merepotkan pembuatan kliping dilakukan setiap bulan.
8. Alat Peraga Alat peraga merupakan media bantu untuk memberikan pemahaman terhadap materi / isu tertentu. Alat bantu ini bisa berupa poster, video tutorial, atau media-media lain yang sifatnya lebih praktis. Salah satu kelemahan ilmu sosial adalah minimnya media bantu, selama ini materi yang disampaikan lebih sering text oriented, kental akan kesan boring. Oleh karena itu perlu adanya media belajar yang lebih fun sehingga belajar pun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.
9. Printing Printing merupakan sarana wirausaha LAB. Mengingat kebutuhan cetak-mencetak sekaligus adalah salah satu keseharian mahasiswa, maka akan sangat membantu apabila terdapat jasa percetakan yang dekat dan bersahabat. Dekat secara lokasi dan bersahabat dalam hal harga dan pelayanan.Untuk mahasiswa umum dikenakan tariff normal layaknya usaha percetakan lainnya, yakni Rp300,00 untuk cetak hitam putih, Rp2500 full colour. Sementara untuk mahasiswa HI diberikan “subsidi” untuk memberikan daya tarik, mengingat lokasi perkuliahan dan Lab yang relatif jauh. Tariff untuk mahasiswa HI adalah Rp100,00 untuk cetak hitam putih dan Rp1.000 untuk cetak warna.