Ditulis pada tanggal 17 September 2014, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan, Seminar Nasional, Uncategorized

foto 4

Malang (16/09/2014)  Seminar Nasional kali ini merupakan sebuah agenda yang diselenggarakan oleh program studi Hubungan Internasional dan bekerja sama dengan Laboratorium HI. Seminar ini bertemakan” Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia : Proyeksi Strategi Pertahanan dan Kebijakan Ekonomi Politik “. Bertempat di Aula Fakultas Teknologi Pertanian acara ini menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak Darmawan Prasodjo, Ph.D selaku pakar migas nasional dan Ibu Jaleswari Pramodhawardani dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan, Jakarta.

Secara garis besar, seminar ini membahas sebuah pertanyaan besar tentang bagaimana poros maritim Indonesia di masa Presiden Joko Widodo mendatang. Para narasumber menjelaskan lebih spesifik bagaimana memberi pandangan terhadap potensi poros maritim di era kepemimpinan yang baru. Bapak Darmawan Prasodjo, Ph.D lebih detail menjelaskan tentang profit ekonomi yang bisa didapatkan oleh Indonesia apabila dapat mengembangkan potensi maritimnya. Disisi yang sama, Ibu Jaleswari Pramodhawardani lebih membahas tentang sebuah strategi yang efektif untuk memaksimalkan potensi maritim Indonesia.

Antusiasme mahasiswa yang hadir tidak hanya dalam lingkup Universitas Brawijaya, beberapa mahasiswa dari luar Universitas Brawijaya juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Ibu Desy Arya Pinatih selaku dosen pengajar di program studi Hubungan Internasional dan moderator acara terkait dapat membawa jalannya diskusi dengan baik.